Kopi secara umum adalah nama dari minuman yang dibuat dengan cara mencampurkan air dan biji kopi sangrai.

Apa yang dihasilkan dari percampuran air dan biji kopi sangrai?
Percampuran air dan biji kopi sangrai akan menghasilkan cairan seduhan yang memiliki warna, tekstur, berat cairan, rasa dan aroma yang khas.

Dari mana warna, tekstur, berat cairan, rasa dan aroma pada cairan seduhan kopi berasal?
Warna, tekstur, berat cairan, rasa dan aroma pada cairan seduhan kopi berasal dari kandungan solubles partikel dan insolubles partikel yang ikut terlarut bersama air pada saat biji kopi sangrai diseduh.

Apa itu soluble partikel?

Solubles partikel adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan zat-zat dengan sifat terlarut oleh cairan. Pada cairan seduhan kopi, solubles partikel adalah zat yang bertanggung jawab terhadap terciptanya rasa dan aroma. Solubles partikel juga dapat berupa kandungan lain seperti cafein, antioksidan, vitamin, dll.

Apa itu insolubles partikel?

Insolubles partikel adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan zat-zat dengan sifat tidak terlarut oleh cairan. Pada cairan seduhan kopi, insolubles partikel adalah zat yang bertanggung jawab terhadap terciptanya warna, tekstur dan berat cairan.

Darimana kandungan solubles dan insolubles partikel pada biji kopi berasal?

Kandungan solubles dan insolubles partikel pada biji kopi berasal dari nutrisi yang diperoleh tanaman melaui rekayasa budidaya taman. Nutrisi-nutrisi tersebut kemudian diolah oleh enzim menjadi karbohidrat, protein, dan lemak.

Apa itu enzim?

Enzim adalah biokatalisator organik pada organisme hidup yang berperan dalam mempercepat dan/atau memperlambat suatu reaksi kimia pada pengolahan kandungan Karbohidrat, Protein dan Lemak. Enzim bereaksi terhadap Suhu, Air dan pH.

Apa yang dihasilkan oleh enzim dari mengolah kandungan karbohidrat, protein dan lemak pada biji kopi?

Dari mengolah kandungan karbohidrat, protein dan lemak, enzim menghasilkan sukrosa, asam amino dan asam lemak.

Apa hubungan sukrosa, asam amino dan asam lemak dengan cairan seduhan kopi?

Sukrosa, asam amino dan asam lemak adalah actor dari terciptanya warna, tekstur, berat cairan, rasa dan aroma pada cairan seduhan kopi.

Bagaimana cara merubah sukrosa, asam amino dan asam lemak mnjadi warna,
tekstur, berat cairan, rasa dan aroma pada cairan seduhan kopi?

Merubah kandungan sukrosa, asam amino dan asam lemak pada biji kopi menjadi warna, tekstur, berat cairan, rasa dan aroma dilakukan dengan cara meroasting atau menyangrai biji kopi. Perubahan-perubahan yang terjadi terhadap sukrosa, asam amino dan asam lemak pada saat roasting tersebut tidak lepas dari sifat enzim yang bereaksi terhadap suhu, air, dan pH.

Proses roasting yang melibatkan suhu tinggi menghentikan proses enzimatis pada biji kopi, berhentinya proses enzimatis dikarenakan suhu yang tinggi mengeringkan kandungan air yang terdapat dalam biji kopi, kemudian seiring dengan naiknya suhu, dan terhentinya proses enzimatis, terjadi proses perubahan kandungan sukrosa, asam amino dan asam lemak selanjutnya yaitu sugar browning atau perubahan warna coklat, pada proses sugar browing terdapat tiga tahapan penting dalam perubahan warna yang juga menghasilkan terkstur, aroma dan rasa yaitu Karamelisasi, reaksi maillard dan strecker degradation, akhir dari proses ini disebut dengan dry distillation yaitu suatu keadaan dimana biji kopi sudah tidak lagi memiliki kandungan air sama sekali karena penguapan oleh suhu tinggi.

Jadi apa itu Kopi?

Kopi adalah nama minunam yang memiliki warna, tekstur, berat cairan, rasa dan aroma khas yang dibuat dengan cara melarutkan kandungan partikel dengan sifat terlarut dan tidak terlarut yang terdapat pada biji kopi sangrai mengunakan air, baik itu air panas maupun air dingin.

Salam Kopikalitas.